Upayakan Percepatan Pelayanan, Bea Cukai Sorong Laksanakan Sosialisasi Aplikasi Manifes

Sorong (18 September 2018) – Dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan aplikasi manifes dengan mengundang seluruh pengguna jasa terkait di wilayah pengawasan Bea Cukai Sorong. Selain mengundang pengguna jasa, pada acara ini juga diundang aparat penegak hukum serta perwakilan dari pemerintah Kota dan Kabupaten di wilayah pengawasan Bea Cukai Sorong.

Melihat perokonomian global yang tidak menentu serta semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan. Pemerintah melalui kementerian keuangan telah mengeluarkan beberapa kebijakan sebagai respon atas hal tersebut, salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-158/PMK.04/2017 tentang Tatalaksana Penyerahan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut, Manifes Kedatangan Sarana Pengangkut. Penerbitan peraturan ini adalah salah satu upaya percepatan dan perbaikan pelayanan di bidang impor sehingga diharapkan dapan meningkatkan investasi asing.

Selain mensosialisasikan tentang kebijakan terbaru, dilaksanakan juga pelatihan penggunaan aplikasi modul manifes kepada seluruh pegawai dan pengguna jasa terkait. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Bea Cukai mengeluarkan aplikasi modul manifes yang baru dan secara efektif berlaku pada tanggal 26 september 2018 bagi pengguna jasa di wilayah pengawasan Bea Cukai Sorong.

Dari kegiatan ini diharapkan aparat penegak hukum dan pengguna jasa diharapkan memahami dan mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *