Bea Cukai Sorong Laksanakan Serangkaian Kegiatan Peringatan HAK 2018

Sorong (11 Desember 2018) – Dilaksanakan Apel Luar Biasa Sebagai Peringatan Hari Anti Korupsi (HAK) 2018 yang diikuti oleh seluruh pegawai instansi Bea Cukai di Sorong. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Bea Cukai Sorong ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari anti korupsi yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya.

Sesi Foto Bersama yang Diikuti Oleh Seluruh Tamu Undangan

Sesuai Instruksi Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor INS-02/BC/2018 tentang Kegiatan Hari Anti Korupsi Tahun 2018 Di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Bea Cukai sorong telah melaksanakan beberapa kegiatan peringatan hari anti korupsi yang dimulai dengan acara penandatanganan komitmen bersama pada tanggal 5 desember 2018. Kegiatan yang diikuti oleh Aparat Penegak Hukum dan Pengguna Jasa ini dilaksanakan sebagai ajang untuk mensosialisasikan komitmen Bea Cukai Sorong untuk menjadi instansi yang bebas korupsi. Kegiatan ini kemudian mendapatkan apresiasi oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Khusus Papua. “Hal ini merupakan catatan luar biasa bagi kantor ini bahkan secara luas bagi Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua, dikarenakan disaat gencar-gencarnya negara kita melawan korupsi kantor KPPBC TMP C Sorong dengan komitmen tinggi merangkul seluruh pelaku usaha untuk bersama mendeklarasikan melawan korupsi dengan disaksikan oleh pimpinan Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum yang ada di Kota Sorong ini” ujar Antonius Dwi Wianto, Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, saat membacakan sambutan Kepala Kanwil yang saat itu tidak dapat hadir secara langsung untuk mengikuti acara.

Yunus Kaipman, Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) saat Memberikan Materi

Pada kesempatan ini, Bea Cukai Sorong juga turut mengundang Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Papua Barat untuk memberikan materi sosialisasi mengenai korupsi di Indonesia kepada seluruh tamu undangan yang hadir. “Korupsi adalah sebuah bentuk kejahatan besar sehingga perlu diberikan hukuman yang seberat-beratnya untuk memberikan efek jera kepada pelaku korupsi” ujar Yunus Kaipman, perwakilan ORI dalam materi yang diberikannya. Setelah pemberian materi tersebut, seluruh tamu undangan diminta untuk menandatangani lembar komitmen bersama yang isinya bahwa seluruh pihak siap mendukung Bea Cukai untuk menjadi instansi yang bebas korupsi dan melaporkan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh pegawai Bea Cukai Sorong.

Penyerahan Cinderamata Kepada Tamu Undangan yang Hadir

Kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan adalah pelaksanaan apel luar biasa yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua mewakili Kepala kanwil yang tidak dapat hadir. Pada kesempatan ini, pembina apel membacakan amanat dari Menteri Keuangan dengan tema Menuju Bea Cukai Bebas Korupsi.

Dari rangkaian acara ini diharapkan seluruh pegawai semakin sadar betapa pentingnya sikap anti korupsi serta masyarakat mampu berpartisipasi aktif untuk memberantas korupsi utamanya dalam wilayah kerja Bea Cukai Sorong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *